Iklan

terkini

Mendadak,Bupati Copot Kadis Kesehatan Asahan

Selasa, September 05, 2023, 15:28 WIB Last Updated 2023-09-05T08:34:17Z


KISARAN ( HARIANSTAR.COM ) Bupati Asahan, H. Surya Bsc secara mendadak mencopot Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Asahan , dr. Nanang Fitra Aulia Sp. PK dari jabatannya, Pencopotan Kadis yang berlangsung pada Jum'at (1/9/2023) kemarin, Diduga kuat terkait proyek -proyek fisik yang ada di dinas tersebut. 

Pasalnya, pencopotan secara tiba-tiba itu membuat masyarakat Asahan terheran heran, Sebab Kadis Kesehatan yang selama ini dikenal merupakan pemimpin yang jarang disorot publik, Secara tiba tiba dicopot dan digantikan oleh dr. Hari Sapna MKM yang menjadi pelaksana tugas (Plt) 

Akibat dari pencopotan itu, dr. Nanang Fitra Aulia dicampakan sebagai Analis Perencanaan Sumber Daya Manusia Aparatur di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang (RSUD HAMS) Kisaran




Pencopotan yang terkesan dipaksakan itu, menjadi perbincangan hangat ditengah tengah masyarakat Asahan, Karena,dr. Hari Sapna yang merupakan Plt Kadis Kesehatan track records nya selama ini buruk dinilai masyarakat saat menjadi Dirut RSUD HAMS Kisaran. 

" Pencopotan Kadis Ksehatan Asahan, dr. Nanang Fitra Aulia terkesan dipaksakan, Bahkan dinilai adanya dugaan kepentingan Bupati Asahan, H.Surya Bsc dan anaknya yang tidak diakomodir oleh Nanang, Makanya Bupati marah dan langsung melakukan pencopotan," tegas Ketua LSM Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPRI) Kabupaten Asahan, Hendra Syahputra SP pada wartawan, Selasa (5/9/2023) di Kisaran. 


Selain itu, kata Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Asahan ini, dalam pencopotan itu, Dugaan adanya tercium aroma konspirasi jahat yang dilakukan oleh Bupati Asahan, Sebab, Bupati melakukan Plt Kadis Kesehatan pada dr. Hari Sapna yang sepak terjangnya dinilai bobrok. 

"Kalau isu isu dan informasi yang berkembang terdengar saya, Pencopotan Kadis Kesehatan terkait adanya proyek - proyek yang dilaksanakan oleh Dinkes, Namun semua kegiatan itu tidak diakomodir oleh Kadis yang lama, Makanya terjadi pencopotan tersebut, " tegas Alumni Pertanian UNA ini. 



Terpisah, Juru Bicara Pemkab Ashaan, Syamsuddin SH ketika dikonfirmasi wartawan,Selasa (5/9/2013) sekira pukul 11:24 Wib melalui saluran whatsapp, membantah isu -isu miring pencopotan tersebut. 

Dikatakan Kadis Kominfo Asahan ini, pengosongan Kadis Kesehatan secara mendadak itu merupakan kebijakan pimpinan yang merasa anak buahnya tidak mampu bekerja dalam melayani masyarakat, Karena itu hasil evaluasi kinerja yang dilakukan Bupati Asahan dan laporan masyarakat. 

"Mungkin Bupati Asahan mengosongkan jabatan Kadis Kesehatan dr. Nanang  Fitra Aulia ,karena hasil evaluasi kinerja dan banyaknya laporan masyarakat sehingga dilakukan pergantian, Yang menggantikanya merupakan Seketaris Dinkes Asahan dr. Hari Sapna, "ujar Syamsuddin. 

Kalau terkait adamya isu proyek -proyek yang ada di Dinkes dan adanya anak bupati minta proyek, Namun Kadis tidak mengakomodir permintaan Bupati Asahan, Itu tidak benar semuanya.

Pengkosongan Kadis Kesehatan itu murni karena hasil evaluasi kinerja yang dinilai Bupati Asahan serta adanya laporan masyarakat yang menilai Nanang tidak mampu bekerja melayani masyarakat. 

" Tidak benar semua informasi itu, Pergantian Kadis Kesehatan yang lama, murni karena hasil evaluasi kinerja Nanang dalam memimpin dinas tersebut.

Tidak ada permasalahan dalam proyek atau karena anak bupati tidak dapat proyek di Dinas itu, " tegas Syamsuddin. 

Sedangkan untuk defenitif Kadis Kesehatan, kata Syamsuddin,mungkin akan segera dilakukan lelang jabatan. " Kalau Hari Sapna merupakan Plt Kadis Kesehatan mau ikut, Silahkan, Karena itu lelang terbuka, Siapapun yang mau ikut jadi Kadis Kesehatan silahkan saja, " pungkasnya. (Hendri)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mendadak,Bupati Copot Kadis Kesehatan Asahan

Terkini

Topik Populer