Iklan

terkini

Jelang Pilkades, Kapolres Madina Imbau Masyarakat Jaga Persatuan

Rabu, Agustus 09, 2023, 19:58 WIB Last Updated 2023-08-09T12:58:05Z

  


PANYABUNGAN (HARIANSTAR.COM) - Kapolres Mandailing Natal ( Madina) AKBP Reza Chairul Akbar Sidik Sik, SH MH menyatakan siap mengamankan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan berlangsung 21 tahun 2023.


Untuk pengamanan Pilkada serentak yang digelar di 256 Desa di seluruh Kabupaten Madina, Polres Madina dibantu BKO Poldasu akan menerjunkan 1.333 personil, 300 dari Polres Madina dan 1000 lebih dari Polda Sumut. 


"Kita telah siap mengamankan pilkades Madina dan akan menerjunkan 1.333 lebih personil polri yang terdiri dari Polres dan BKO Polda Sumut," ujar Kapolres Madina AKBP Reza Chairul Akbar Sidik Sik, SH MH, saat ditemui di Mapolres Madina, Rabu siang (9/8/2023).


Dalam Rapat koordinasi (Rakor) dengan Pemkab Mandailing Natal, baru - baru ini kata Kapolres, segala sesuatu baik sarana maupun prasarana, manusia dan metode termasuk dana anggaran pengamanan telah dibahas secara tuntas. 


"Intinya segala persiapan telah rampung, dan Polres Madina telah siap melaksanakan tugas mengamankan agenda Pilkades yang akan berlangsung pada 21 Agustus 2023," tegas Kapolres. 


Pihaknya juga lanjut Kapolres telah melakukan pemetaan dan marking kawasan daerah yang masuk kategori aman, rawan dan sangat rawan, sehingga diharapkan Pilkades akan berjalan dengan damai dan kondusif. 


Dalam kesempatan tersebut Kapolres berpesan agar para Calon Kepala Desa (Cakades) dan para pendukung dan masyarakat agar dapat menjaga situasi Kamtibmas dan tetap mengedepankan aturan - aturan yang telah dibuat dalam Perbup no. 23 tahun 2023.


"Kalaupun ada kejanggalan - kejanggalan dalam pelaksanaan Pilkades, selesaikanlah dengan cara - cara yang baik, kalaupun ada gugatan dan lain - lain ikutin saja sesuai aturan yang ada, jangan keluar dari aturan main,jangan keluar dari koridor - koridor yang ada yang tertuang dalam peraturan pemerintah, dalam hal ini Peraturan Bupati (Perbup) no. 23 tahun 2023", pesan Kapolres. 


Ia mengimbau agar dalam kontestasi Pilkades, para Cakades benar benar menempuh cara-cara yang elegan dalam hal mengambil simpati masyarakat pemilih, apalagi mengingat bulan Agustus ini adalah ada agenda besar lainnya yakni perayaan HUT Kemerdekaan RI. 


"Apalagi ini adalah bukan Agustus, bukan yang sangat bersejarah yakni kemerdekaan bangsa Indonesia, jangan sampai dinodai dengan aksi - aksi yang kontra produktif yang dapat merusak kesatuan dan persatuan bangsa ini," imbaunya. 


Sedangkan terkait kemungkinan terjadinya penggunaan money politik (politik), Kapolres meminta para Cakades agar menghindari hal tersebut. 


"Tempuh lah cara-cara yang baik, tonjolkan kemampuan anda untuk mengambil simpati masyarakat," ujarnya. 


Hal tersebut juga kata dia, sejalan dengan semangat bersama Bupati, Dandim dan seluruh komponen yang ada agar politik uang benar - benar dapat dihindari. (AFSIR).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Pilkades, Kapolres Madina Imbau Masyarakat Jaga Persatuan

Terkini

Topik Populer