Iklan

terkini

Harga Telur Ayam Dan Daging Ayam Naik, Masih Berada di Harga Keekonomiannya

Kamis, Mei 04, 2023, 15:19 WIB Last Updated 2023-05-04T08:19:33Z
Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin


MEDAN (HARIANSTAR.COM)  - Harga sejumlah kebutuhan pangan masyarakat terpantau masih bergerak stabil. Kecuali untuk dua komoditas pangan seperti daging ayam dan telur ayam yang menunjukan tren naik. 


Sejauh ini harga daging ayam di kota medan dijual dalam rentang 32 hingga 34 ribu per Kg. Sementara harga telur ayam mulai mengalami kenaikan sekitar 100 rupiah per butirnya.


Hal itu disampaikan, Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin kepada wartawan harianstar.com, Kamis (4/5/2023) siang. 


Gunawan menyebutkan, untuk kenaikan dua komoditas tersebut saya pikir masih terbilang wajar, dan harganya masih sesuai dengan harga keekonomiannya. Untuk harga telur ayam masih dikisaran 26 ribuan per Kg, sementara daging ayam ini masih dibawah 35 ribu per Kg. Yang secara umum masih dalam kategori normal mengacu kepada biaya input produksi serta harga keekonomian di level peternak, ungkapnya. 


 

Namun, lanjut Guanwan, bagi konsumen kenaikan harga ini tentunya bukan kabar yang menggembirakan. Karena konsumen sempat menikmati harga daging ayam dikisaran 23 ribu hingga 25 ribu per Kg. 



"Sementara untuk ayam hidup per Kg nya sempat mencapai 13 ribu di bulan ramadhan kemarin. Secara keseluruhan kenaikan harga ini sudah sesuai dengan perkiraan sebelumnya," ucapnya. 


 

Kemudian, jika ditanya kemungkinan adanya kenaikan harga kedua komoditas tersebut. Maka jawabannya kemungkinan tersebut tetap ada. Salah satu pendorong kenaikan harga datang dari kenaikan harga input produksi. Ini yang menjadi salah satu pemicu utamanya. Akan tetapi yang bisa menahan kenaikan harga terlalu jauh adalah gangguan daya beli, ujar Guanwan. 


 

Menurutnya,  sejauh ini dari observasi yang saya lakukan ke sejumlah pedagang, mereka menyatakan bahwa stok untuk daging ayam menurun belakangan ini, sehingga harganya naik. Jauh hari saya mengutarakan bahwa stok akan diatur oleh produsen agar harga bergerak sesuai dengan tingkat keekonomiannya. Namun saya meyakini tidak semudah itu juga harga akan terus digiring naik terlau tinggi.


"Karena kenaikan harga yang tinggi tersebut akan sangat mempengaruhi belanja masyarakat. Terlebih gangguan daya beli memaksa konsumen untuk mengalihkan ke konsumsi sumber protein lainnya, " Katanya. 


Jadi ada kaitannya antara kenaikan harga daging ayam, telur ayam dengan tempe dan tahu. Dan peternak akan dihadapkan dengan dilema seperti itu,imbuh Gunawan 


Sementara itu, sejumah harga kebutuhan pangan masyarakat lainnya masih terpantau stabil dalam sepekan terakhir. Mulai dari cabai rawit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah, beras, minyak goreng, daging sapi, hingga gula pasir. Bahkan untuk cabai masih terbilang sangat murah dan jauh dibawah harga keekonomiannya,pungkasnya.(Jae)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Harga Telur Ayam Dan Daging Ayam Naik, Masih Berada di Harga Keekonomiannya

Terkini

Topik Populer