Iklan

terkini

Impun Siregar Percepat Capaian Sertifikasi Halal Gratis, Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi Penyuluh Agama dan Stakeholder

Selasa, April 11, 2023, 08:31 WIB Last Updated 2023-04-11T01:31:40Z

  





(Foto : Ist)


MEDAN (HARIANSTAR.COM) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Dr. H. Impun Siregar, MA melakukan terobosan dalam percepatan Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) bagi usaha kecil dan mikro di wilayah Kota Medan dengan memberdayakan seluruh Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS, Kepala KUA dan Penghulu termasuk bekerjasama dengan dinas-dinas terkait seperti Dinas Koperasi, Dinas Perdagangan, Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan serta MUI Kota Medan.


Kolaborasi ini menurut Impun Siregar sangat penting untuk mendukung upaya perbaikan ekonomi melalui penguatan usaha kecil dan mikro. “Dengan SEHATI, kita juga berharap UMK-UMK yang ada di Indonesia khususnya di Kota Medan bisa naik kelas. Mereka akan siap bersaing di tingkat global,” ujarnya, Selasa (11/4/2023) di Medan.


Impun mengatakan, Kementerian Agama Kota Medan memanfaatkan pusat-pusat keramaian yang tersebar di Kota Medan untuk melakukan kampanye Mandatory Halal yang berhadapan langsung dengan pelaku usaha kecil dan mikro.


Kakankemenag Kota Medan menyampaikan, program ini mendapat dukungan yang kuat dari Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan sehingga menyediakan sarana untuk kampanye kepada pelaku usaha tersebut.


“Kementerian Agama Kota Medan juga mengirim secara berkala Penyuluh Agama Islam untuk mengikuti bimtek pendampingan halal di Universitas Muhammadiyah Medan dan Universitas Medan Area untuk meningkatkan pemahaman dalam kesuksesan sertifikat halal ini serta para penyuluh agama juga mensosialisasikan ke sekolah-sekolah dan 225 majelis taklim di Kota Medan,” ungkapnya.


Dijelaskannya, dalam melakukan sosialisasi ada langkah-langkah strategis yang dilakukan diantaranya, memberikan pendampingan kepada pelaku usaha dalam pendaftaran secara online pada aplikasi sihalal atau secara offline, membagikan brosur kepada pelaku usaha, mengawasi perkembangan penerbitan sertifikat halal melalui aplikasi si halal serta mendatangi pelaku usaha yang belum terampil dalam model pelatihan online.


Impun menambahkan, percepatan sertifikasi halal menjadi program prioritas Kemenag di Tahun 2023, dan hal tersebut membutuhkan kerjasama banyak pihak agar bisa terlaksana optimal. Kemenag melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) membuka program Sertifikat Halal Gratis (Sehati) yang menargetkan 1 juta kuota sertifikasi halal. Program ini harus kita sambut baik dan sampaikan ke masyarakat luas. (Rel/GS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Impun Siregar Percepat Capaian Sertifikasi Halal Gratis, Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi Penyuluh Agama dan Stakeholder

Terkini

Topik Populer