Iklan

terkini

Ratusan Warga Palas Menerima BLT BBM

Kamis, Januari 12, 2023, 10:42 WIB Last Updated 2023-02-26T15:26:01Z

 


PALAS (HARIANSTAR.COM)  - Ratusan warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara yang berprofesi sebagai supir Becak Bermotor (Betor), Supir Angkutan Umum, pertanggal 30 Desember 2022, yang telah lalu menerima bantuan Langsung Tunai BBM (BLT BBM). 


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai BBM kali ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Palas, yang disalurkan oleh Petugas dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Padang Lawas (Disperkimhub Palas) dan diperuntukkan bagi warga masyarakat Kabupaten Palas yang berprofesi tersebut diatas, yang tersebar di 3 (tiga) Zona Eks Barumun, Eks Sosa dan Eks Barumun Tengah sebanyak 920 Keluarga Penerima Manfaat  (KPM).


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga masyarakat tersebut itu, dimulai pada pukul 08.00. WIB, sampai dengan selesai, bertempat di Kantor Disperkimhub Palas. Walaupun jumlah penerima mencapai ratusan orang, tetapi warga masyarakat tetap antri dengan tertib.  


Sebanyak 920 orang baik ia pengemudi becak kayuh dan becak motor, Angkutan Umum /Angkot yang menerima Penyaluran BLT BBM sebesar Rp300 ribu per orang, dilaksanakan di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Padang Lawas (Disperkimhub Palas).


Hal ini Sesuai dengan SK Bupati Padang Lawas Nomor 551/406/KPTS/2022 tentang Tentang Penerima dan besaran penerimaan Bantuan langsung tunai subsidi transportasi umum penanganan dampak inflasi tahun 2022.


Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Padang Lawas Ronny Syaiful, S.Sos MM, Kepada Awak media ini, Kamis (12/01/2023) mengatakan, pemberian BLT BBM bagi pelaku jasa transportasi umum, untuk melindungi dari risiko sosial ekonomi sebagai dampak Inflasi.


"Data awal yang diusulkan dari Dinas Perhubungan yaitu 1.200 orang, kemudian data disandingkan dengan data Disdukcapil sehingga tersaring 920 orang penerima manfaat. Data Itu diperoleh melalui Pendataan Yang dilakukan di Bulan September 2022 di Tiga Lokasi yakni Sibuhuan, Sosa dan Binanga. Terang Kadis Perkimhub Kabupaten Palas, Ronny Syaiful, S.Sos MM.


Sementara itu, Kabid LLAJ Supriyo, S.Tr Disperkimhub Kabupaten Palas menambahkan, Bantuan BLT BBM tersebut dapat dibelikan pertalite maupun solar guna mendukung usaha mereka.


Lanjut Supriyo merinci, seluruh bantuan telah  didistribusikan sampai 30 Desember 2022 . Sedangkan Untuk Menyalurkan BLT BBM di Lokasi yang Jauh, Dinas Perkimhub Palas melakukan Pelayanan Jemput Bola di 2 Lokasi, Yakni Sosa dan Binanga.


Ia berharap apa yang sudah dilakukan kepada masyarakat Padang Lawas dapat meringankan beban masyarakat.


"Dengan disalurkannya BLT BBM kepada masyarakat tersebut, jumlah yang diterimakan setiap satu orang/warga masyarakat penerima bantuan tersebut bisa memanfaatkan nya sesuai kebutuhan nya masing-masing".Ujar Supriyo. Selaku Kabid LLAJ Disperkimhub Palas


Plt. Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., M.Si., MH., di kesempatan terpisah menyatakan, bantuan langsung tunai BBM diberikan kepada para penerima manfaat, khususnya kepada para pengemudi jasa transportasi yang belum menerima bantuan dari pemerintah, dengan tujuan untuk menekan inflasi yang diperintahkan oleh Pemerintah Pusat. Pihaknya telah menganggarkan hal tersebut.


“Karena BBM naik, masyarakat juga resah di tengah kebutuhan pokok naik, maka pemerintah Kabupaten Padang Lawas menganggarkan untuk memberikan bantuan langsung tunai kepada warga. Semoga bermanfaat untuk membeli kebutuhan sehari-hari,” demikian dikatakan Plt Bupati Palas. (HSP1)






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Warga Palas Menerima BLT BBM

Terkini

Topik Populer

Iklan